Settia

Edy Purnama: Kelurahan Citangkil Jadi Pilot Project FCU di Provinsi Banten

BERBAGI

CILEGON, BCO – Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan Kota Cilegon, serta dalam rangka pembangunan masyarakat yang maju, mandiri, dan sejahtera, Kelurahan Citangkil ditunjuk sebagai salah satu pilot project percontohan program Family Care Unit (FCU) di Provinsi Banten.

Lurah Citangkil, Edy Purnama mengatakan, tingkat kesejahteraan masyarakat Kelurahan Citangkil masih cukup rendah sehingga harus mendapatkan perhatian lebih dalam peningkatan ekonomi sosial masyarakatnya.

“Mata pencaharian masyarakat Kelurahan Citangkil mayoritas adalah wirausaha dan buruh bangunan. Kondisi ini yang menyebabkan tingkat kesejahteraan masyarakat masih cukup rendah, sehingga harus mendapatkan perhatian lebih dalam peningkatan ekonomi sosial masyarakatnya. Saya berharap program FCU ini dapat mensinergikan program-program pemberdayaan yang telah ada dan mempercepat pencapaian program kesejahteraan masyarakat,” kata Edy Purnama saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis 12 November 2015.

Sebagai satu-satunya kelurahan di Provinsi Banten yang ditunjuk oleh Kemensos RI, lanjut Edy, program FCU Kelurahan Citangkil akan dilaksanakan secara maksimal bekerjasama dengan seluruh masyarakat. Program utama dalam FCU ini diantaranya penguatan lembaga FCU, Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dan Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Settia

“Kami beruntung ada di kota yang melaksanakan berbagai program pro-rakyat, karena Kota Cilegon juga telah memiliki organisasi dan lembaga pelayanan sosial yang ada di tingkat kelurahan. Ini adalah potensi yang dapat diberdayakan dengan optimal sesuai dengan implementasi program FCU,” ujar Edy mengakhiri. (*)